INDIA – Penyanyi Bollywood legendaris sekaligus ikon budaya India, Lata Mangeshkar, wafat pada usai 92 tahun, Minggu (6/2/2022) waktu setempat.

Berdasarkan keterangan kata dokter Lata Mangeshkar, Pratit Samdani, jika ia dirawat di rumah sakit pada 11 Januari setelah tertular COVID-19 dan meninggal karena mengalami kegagalan multi-organ di rumah sakit Breach Candy Mumbai.

Baca Juga: Setelah Berhasil Diselamatkan dari Sumur 32 Meter, Rayan dinyatakan Meninggal

Perlu diketahui, Lata Mangeshkar menjadi salah satu penyanyi paling dihormati di India melalui karirnya selama lebih dari setengah abad. Ia menyanyikan sekitar 300.000 lagu dalam 36 bahasa.

Melalui karyanya di industri film Hindi India, Bollywood, Lata Mangeshkar didapuk menjadi ikon nasional.

Perdana Menteri India, Narendra Modi, mengumumkan bela sungkawa yang mendalam akibat kepergian penyanyi legendaris tersebut melalui akun twitternya.

“Saya sedih tanpa kata-kata. Lata Didi yang baik dan peduli telah meninggalkan kami. Dia meninggalkan kekosongan di negara kami yang tidak dapat diisi,” tulis Modi, Minggu (6/2).

Pemerintah India juga mengumumkan hari berkabung selama dua hari kedepan, di mana bendara nasional akan dikibarkan dengan setengah tiang di seluruh negeri Bollywood tersebut.

Baca Juga: Upaya Penyelamatan Rayan di Sumur 32 Meter Masuki Hari Keempat

Selain itu, pemerintah negara India juga akan memberikan pemakaan kenegaraan kepada Lata Mangeshkar, meski tanggal dan tempatnya belum diumumkan kepada publik.