Lata kemudian dinominasikan ke majelis tinggi parlemen India pada tahun 1999, namun dirinya menolak dengan mengatakan bahwa dia “enggan” untuk mengambil kesempatan tersebut.

Pada tahun 2001, Lata menerima penghargaan tertinggi negara India untuk warga sipil, Bharat Ratna.

Bahkan, Guinness Book of World Records memasukkan Lata sejak 1974 hingga 1991 menjadi penyanyi yang mempunyai jumlah rekaman terbanyak di dunia.

Guinness Book of World Records mengklaim, bahwa Lata merekam secara solo atau duet total lebih dari 25.000 lagu yang dinyanyikannya dalam 20 bahasa di India. Berdasarkan Guinness Book edisi tahun 1987, Lata telah mengeluarkan total 30.000 judul lagu antara tahun 1948 dan 1987.

ketika Lata berusia 75 tahun, tepatnya tahun 2004, salah satu sutradara terbesar Bollywood, Yash Chopra, menulis untuk BBC bahwa dia melihat “berkah Tuhan dalam suara Lata”.

Hingga tutup usia, Lata tidak pernah menikah, namun dirinya memiliki kehidupan yang kaya di luar pekerjaannya, dengan minat mulai dari olahraga kriket hingga mobil.

Lata Mangeshkar juga bahkan sempat berduet bersama ‘Raja Dangdut’ Indonesia, Rhoma Irama, seperti dalam lagu “Sekuntum Mawar Merah”, “Wahai Pesona”, “Datang untuk Pergi”, “Di Tepi Pantai”, dan lain-lain.

Profil Lata Mangeshkar Penyanyi Legendaris Bollywood India, Pernah Duet dengan Rhoma Irama
Sebuah foto yang menampilkan Lata Mangeshkar bersama Rhoma Irama. (Ist)
Baca Juga: Setelah Berhasil Diselamatkan dari Sumur 32 Meter, Rayan dinyatakan Meninggal

Bersama Rhoma Irama, Lata Mangeshkar juga bahkan telah menghasilkan total 4 album duet karya lagu milik dari ‘Raja Dangdut’ tersebut.