JAKARTA – Kabar duka kali ini datang dari Hollywood.  Aktor pemenang Oscar, William Hurt meninggal dunia pada usia 71 tahun.

Baca Juga : 3 Faktor Pendorong Ekonomi Kreatif

Berita duka itu dikonfirmasi oleh putranya, Will Hurt, dalam sebuah pernyataan yang dirilis secara resmi. William Hurt disebut meninggal dunia pada 13 Maret 2022 di usia 71 tahun.

“Keluarga Hurt sangat berduka atas meninggalnya William Hurt, ayah tercinta dan aktor pemenang Oscar, pada 13 Maret 2022, satu pekan sebelum ulang tahunnya yang ke-72,” ucapnya.

“Ia meninggal dengan damai dikelilingi oleh keluarga karena usia. Keluarga meminta privasi saat ini,” katanya, dilansir detik.com.

William Hurt telah memiliki karir akting sejak tahun 80-an dan telah membintangi banyak film dan serial terkenal.  Dia memenangkan Oscar pertamanya lewat film Kiss of the Spider Woman, yang dirilis pada tahun 1985.

William Hurt kemudian membawa pulang penghargaan untuk Aktor Terbaik di Academy Awards ke-58. Selain itu, Ia juga menerima penghargaan British Academy Film Awards, 1st Independent Spirits Awards, 1985 Cannes Film Festival, hingga  1986 David di Donatello Awards untuk karyanya dalam film.

Sepanjang karirnya, William Hurt telah dinominasikan untuk beberapa penghargaan internasional untuk perannya dalam berbagai film.  Diantaranya A History of Violence hingga Into the Wild.

William Hurt juga bergabung dengan MCU (Marvel Cinematic Universe) sebagai General Thaddeus ‘Thunderbolt’ Ross di The Incredible Hulk (2008). Dia kemudian kembali sebagai Menteri Luar Negeri baru di Captain America: Civil War (2016).

Pada tahun 2018, William Hurt juga muncul di Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame (2019) sebelum penampilan terakhirnya di MCU melalui Black Widow tahun lalu.

RIP William Hurt.