UKRAINA – Para filmmaker asal Ukraina dengan gagah berani merekam bagaimana situasi yang terjadi di tanah airnya. Mereka adalah Oleh Sentsov, Serhiy Lysenko, Denis Ivanov, Valentyn Vasyanovych, Olga Beshmelnitsyna, Serhiy Myhalchuk, dan Alina Gorlova. Para pembuat film ini bahkan tidak hanya membawa kamera melainkan juga senjata untuk berjaga-jaga akan serangan tentara Rusia, Minggu (22/5/20220).

Sutradara Oleh Sentsov bahkan merekam kejadian perang bersama dengan salah-satu aktor bernama Serhii Filimonov yang pernah bermain di filmnya yang berjudul Rhino. Minggu depan, ia seharusnya bertandang ke World Economic Forum di Davos, Switzerland sebagai narasumber untuk menceritakan pengalaman hidupnya, melainkan ia memilih tetap tinggal di Ukraina dan menjadi pembicara melalui aplikasi Zoom.

Baca juga : Terkuak! Berikut Peran AS dalam Perang di Ukraina

Dilansir dari Hollywood Reporter, sutradara dari film Atlantis Valentyn Vasyanovych bersama dengan produser sekaligus director Olga Beshmelnitsyna, dan DOP (Director of Photography) Serhiy Myhalchu dan beberapa filmmaker lain juga sedang bekerja sama untuk membuat dokumenter terkait konflik Ukraina dan Rusia secara langsung di lapangan.

Sutradara Dennis Ivanov juga mengatakan filmmaker dapat lebih mudah untuk merekam kejadian di lapangan daripada jurnalis karena dikhawatirkan para pewarta mengungkap lokasi atau pergerakan tentara Ukraina.

“Militer tidak mengizinkan jurnalis untuk bergabung dengan mereka, karena bahaya mereka akan mengungkapkan lokasi atau pergerakan mereka dan karena ada bukti bahwa Rusia telah menargetkan jurnalis dalam perang,” ungkap Dennis Ivanov dikutip dari The Hollywood Reporter.

Baca juga : Jokowi Telepon Presiden Rusia dan Ukraina, Ini Hasilnya

Komunitas Filmmaker Ukraina Babylon’ 13 yang juga merilis series berjudul Winter That Change Us terkait konflik di tanah air mereka pada tahun 2013 kembali bersatu dan menggunakan kamera mereka dan merekam konflik yang terjadi saat ini. Perkumpulan ini juga membagikan rekaman langsung akan realita di lapangan kepada media massa yang ada di seluruh dunia secara gratis.

“Kami telah kembali memobilisasi dan kembali memfilmkan fenomena sosial di Ukraina,” kata perwakilan Babylon’ 13.

Ivanov menambahkan, semua cerita ini adalah bagian dari perjuangannya dan filmmaker lain dalam memenangkan peperangan.

“Semua cerita ini, yang dramatis dan biasa itu penting, dan semuanya adalah bagian dari perjuangan kita dalam memenangkan perang,” tegasnya.