JAKARTA – Penyanyi Justin Bieber menderita Ramsay Hunt Syndrome (RHS) yang menyebabkan kelumpuhan pada satu sisi wajahnya.

Hal itu disampaikan Bieber dalam sebuah video yang diunggah di akun Instagram pribadinya.

Ia tak dapat tampil ke atas panggung sehingga membatalkan sejumlah konser di Amerika Serikat (AS), seperti Washington DC dan New York.

Baca Juga : Justin Bieber Alami Kelumpuhan di Wajah, Berikut Kondisinya

Ramsay Hunt Syndrome atau dikenal dengan herpes zoster oticus terjadi ketika herpes zoster memengaruhi saraf wajah di dekat salah satu telinga Anda.

Selain ruam herpes zoster yang menyakitkan, sindrom ini dapat menyebabkan kelumpuhan wajah dan gangguan pendengaran di telinga yang terkena.

Penyebab Ramsay Hunt Syndrome oleh virus serupa yang menyebabkan cacar air. Setelah cacar air sembuh, virus masih hidup di saraf. Bertahun-tahun kemudian, virus ini dapat aktif kembali. Ketika itu terjadi, virus dapat memengaruhi saraf wajah.

Pengobatan sindrom Ramsay Hunt yang segera dapat mengurangi risiko komplikasi, kelemahan otot wajah permanen dan ketulian. Mengutip Mayo Clinic, Sabtu (11/6/2022), ada dua tanda dan gejala utama sindrom Ramsay Hunt, antara lain:

Ruam merah yang menyakitkan dengan lepuh berisi cairan di dalam dan sekitar satu telinga

Kelumpuhan wajah pada sisi yang sama dengan telinga yang terkena

Biasanya ruam dan kelumpuhan wajah terjadi secara bersamaan. Terkadang, satu bisa terjadi sebelum yang lain. Di lain waktu, ruam tidak pernah terjadi.

Seseorang yang terkena sindrom Ramsay Hunt mungkin juga mengalami sakit telinga, gangguan pendengaran, telinga berdenging (tinnitus), kesulitan menutup satu mata, sensasi berputar atau bergerak (vertigo), Perubahan persepsi rasa atau hilangnya rasa, serta mulut dan mata kering.

Nonton Juga