RAKYAT NEWS, – Jika berbicara tentang legenda musik ikonik di Indonesia, nama Lilis Karlina adalah salah satu yang paling menonjol. Dikenal sebagai “Ratu Musik Dangdut”, Lilis memiliki suara yang kuat yang memenuhi gelombang udara Indonesia dengan musiknya selama beberapa dekade.

Lahir di Bandung, Jawa Barat, pada 1951, Lilis memulai kariernya di industri hiburan pada awal 1970-an. Dia memulai perjalanannya sebagai penari dan penyanyi sebelum dia mendapatkan terobosan besar dengan band Juwita Bahar. Di bawah panji band, dia merilis lagu hit pertamanya, “Bambu Kuning.”

Namun, di tahun 1980-an Lilis Karlina memantapkan dirinya sebagai artis solo dan kekuatan yang harus diperhitungkan dalam dunia musik dangdut. Genre adalah jenis musik rakyat Indonesia yang memadukan musik tradisional Indonesia dengan pengaruh Melayu, Arab, India, dan rock.

Lilis Karlina menjadi ikon dangdut di era 80-an dan 90-an. Suara dan gaya musiknya dikenal karena memadukan ritme yang menarik dengan lirik yang menyentuh hati yang berbicara kepada kelas pekerja dan orang biasa di Indonesia. Penampilannya identik dengan energi, kegembiraan, dan spontanitas, sering kali disertai dengan bahunya yang bergoyang dan gerakan tarian yang energik.

Dedikasi Lilis Karlina pada musiknya tak tertandingi. Dia merilis lebih dari 25 album selama karirnya dan memenangkan beberapa penghargaan, termasuk Penghargaan Dangdut RCTI 1993 untuk Penyanyi Wanita Terbaik.

Lagu-lagunya sering menampilkan perspektifnya tentang dunia di sekitarnya. Lagunya “Lilin Putih” berbicara tentang perjuangan perempuan, sedangkan “Siapa Kau” adalah refleksi lanskap politik di Indonesia. Musiknya berbicara banyak tentang isu-isu penting tentang masyarakat Indonesia, dan dia selalu menggunakan platformnya untuk menyuarakan pendapatnya.

Warisan abadi Lilis Karlina terletak pada musiknya yang membawa kegembiraan dan kepositifan bagi jutaan orang di Indonesia. Kontribusinya di industri hiburan membuatnya mendapatkan penghargaan lifetime achievement award dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI pada tahun 2017.